Buang Air Kecil Sebelum Bercinta Picu Infeksi Saluran Kemih?

Selasa, 09 Februari 2016 - 20:30 WIB
Buang Air Kecil Sebelum Bercinta Picu Infeksi Saluran Kemih?
Buang Air Kecil Sebelum Bercinta Picu Infeksi Saluran Kemih?
A A A
JAKARTA - Infeksi saluran kemih kerap terjadi ketika kandung kemih terinfeksi. Umumnya, hal ini disebabkan oleh bakteri yang masuk melalui saluran kemih.

Penyakit ini mudah menyerang wanita. Namun, beberapa peneliti mengklaim, buang air kecil sebelum berhubungan seksual bisa mencegah seseorang terserang infeksi saluran kemih.

Sayangnya, cara tersebut tidak selalu efektif. Bahkan, hubungan seksual sering menyebabkan wanita di usia produktif terserang infeksi saluran kemih. Selain itu, waktu yang tepat untuk buang air kecil juga masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli.

Ahli urologi Dr. David Kaufman mengungkapkan, buang air kecil sebelum bercinta adalah penyebab utama infeksi saluran kemih pascapenetrasi. "Infeksi saluran kemih juga bisa terjadi selama hubungan seks, bakteri terdorong masuk ke kandung kemih," papar Kaufman yang dilansir dari Daily Mail.

Sementara, jika tidak buang air kecil sebelum berhubungan seksual menandakan kandung kemih terisi penuh. Hal ini pun memicu aliran saat buang air kecil menjadi lebih kuat dan bakteri lebih mudah dibawa keluar.

Bakteri pemicu infeksi saluran kemih akan hidup secara alami di area perineum atau antara anus, vagina dan uretra. Bakteri tersebut akan berpindah saat berhubungan seksual dari area ini ke kandung kemih melalui saluran uretra.

"Buang air kecil setelah bercinta berarti kita membuang bakteri yang berdiam selama penetrasi seksual ke uretra, yang merupakan pemicu bakteri itu berpindah ke kandung kemih," kata konsultan urologi Dr. Zaki Almallah.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5969 seconds (0.1#10.140)